Friday, March 18, 2016

Pengertian dan nama nabi dan rasul yang wajib diketahui

Definisi secara syar’i yang masyhur, Nabi adalah orang yang mendapatkan wahyu namun tidak diperintahkan untuk menyampaikan sedangkan Rasul adalah orang yang mendapatkan wahyu dalam syari’at dan diperintahkan untuk menyampaikannnya


Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim, Nabi Muhammad Bersabda 
Ditampakkan kepadaku umat-umat, aku melihat seorang nabi dengan sekelompok orang banyak, dan nabi bersama satu dua orang dan nabi tidak bersama seorang pun.
Hadits ini menunjukkan bahwa Nabi juga menyampaikan wahyu kepada umatnya. Ulama lain menyatakan bahwa ketika Nabi tidak diperintahkan untuk menyampaikan wahyu bukan berarti Nabi tidak boleh menyampaikan wahyu. Wallahu’alam.




Jumlah nabi menurut pendapat ulama adalah lebih dari 100 ribu orang, dan jumlah rasul  adalah lebih dari 300 orang.. meskipun begitu, kita hanya di wajibkan untuk mengetahui 25 nama rasul.
Berikut adalah nama-nama 25 Rasul yang yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan wahyu dan mengajak hanya menyembah kepada Allah.




Adam, Idris, 
Nuh, Hud, Saleh
Ibrahim, Ismail
Luth, Ishaq, Yaqub
Yusuf
Ayyub, Zulkifli, Syu’aib
Musa, Harun
Daud, Sulaiman
Ilyas, Ilyasa, Yunus
Zakaria, Yahya, Isa
Muhammad shalallahu’alaihiwasalam


Perbedaan dasar dari nabi dan rasul adalah Nabi tidak diperintahkan untuk menyampaikan risalah Allah, sedangkan Rasul wajib menyampaikannya. Dan seorang Nabi belum tentu Rasul, Tetapi Rasul sudah pasti seorang Nabi. Derajat seorang Rasul di sisi Allah melebihi Derajat seorang Nabi karena Rasul mempunyai tugas yang lebih berat. Meskipun begitu, kita juga tidak boleh membeda-bedakan Antara Nabi dan rasul karena mereka sama-sama memiliki Derajat Agung di sisi Allah melebihi derajat para Wali dan Malaikat, apalagi kita yang setiap hari bermandikan dosa..


Semoga dg artikel ini bisa menambah keimanan kita kepada Allah dan Rasul-Nya....

Aamiin....

No comments:

Post a Comment