Tuesday, March 15, 2016

Pengertian Dan Nama Malaikat yang wajib diketahui di dalam islam

                                          Assalamu'alaikum...


Kata Malaikat merupakan jama' dari kata malak yang berarti kekuatan. Malaikat diciptakan dari cahaya, ribuan tahun sebelum nabi adam di ciptakan.. malaikat mempunyai karakteristik tak mempunyai hawa nafsu dan tidak pernah membangkang terhadap perintah allah.

Malaikat mempunyai beberapa ciri ciri berikut ini:

1. Dalam surat Al Fathir:1) Firman Allah : bahwa mereka memiliki sayap yang yang jumlahnya berbeda-beda dan besarnya dan bentangan sayapnya juga luar biasa.

2. Dari Ibnu Mas’ud ra,  beliau mengatakan bahwasanya Nabi Saw melihat malaikat Jibril memiliki 600 sayap.” (HR Muslim) Dalam Hadis riwayat Ahmad dinyatakan bahwa satu sayap malaikat Jibril itu sudah bisa menutupi ufuk.

3.  Diriwayatkan dari Said bin Musayyib, Nabi menyatakan bahwa para malaikat itu bukan laki-laki dan bukan perempuan, tidak makan, tidak minum, tidak menikah dan tidak berketurunan.


Meyakini adanya Malaikat merupakan rukun iman kedua setelah iman kepada Allah, karena malaikat termasuk makhluk ghoib yang tak bisa dilihat oleh orang orang biasa seperti kita.. Hanya para Nabi, Rasul dan Wali Wali Agung yang mampu menyaksikan penyamaran malaikat.


Banyak sekali nama nama Malaikat yang diciptakan Allah.. namun, di dalam syariat islam, kita hanya diwajibkan untuk mengetahui 10 nama Malaikat.. Berikut adalah nama nama 10 Malaikat yang wajib kita ketahui beserta tugas - tugasnya.


1. JIBRIL : Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu kepada para rasul ...

2. MIKAIL : Malaikat pembagi rezeki kepada semua makhluk seperti menurunkan hujan dan mengatur   perputaran siang dan malam

3. ISRAFIL : Malaikat yang meniup sangkakala pada hari kiamat dan hari kebangkitan

4. IZRA'IL : Malaikat Pencabut nyawa setiap makhluk

5 & 6 . MUNKAR NAKIR : Malaikat yang memberi pertanyaan di dalam kubur ketika seseorang baru saja meninggal

7. RAQIB : Malaikat pencatat amal kebaikan seorang manusia

8. 'ATID : Malaikat pencatat amal buruk manusia

9. MALIK : Ketua Malaikat penjaga neraka

10. RIDWAN : Ketua Malaikat penjaga surga.


Demikianlah pengertian dan nama nama malaikat yang wajib kita ketahui. Semoga ada manfa'at untuk pembaca artikel ini. Aamiin...

No comments:

Post a Comment