Friday, March 18, 2016

Pembunuhan pertama di muka bumi

Pembunuhan pertama di dunia, dimulai sejak jaman manusia pertama di turunkan ke Bumi, yaitu Nabi Adam as. Nabi Adam as dan istrinya Siti Hawa, merupakan orang tua dari seluruh manusia yang kini berada di Bumi. Siti Hawa melahirkan anak kembar dua pasang yang pertama lahirlah pasangan Qabil dan adik perempuannya yang bernama "Iqlima" kemudian anak berikutnya lahirlah Habil dan adik perempuannya yang bernama "Lubuda".


Nabi Adam mengajarkan Habil cara berternak sedangkan Qabil diajari becocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia. Melihat perkembangan keempat anaknya yang sudah masuk usia dewasa dimana kebutuhan akan syahwat, Nabi Adam sesuai ilham dari Allah swt menikahkan ke empat anaknya. Habil akan dinikahkan dengan adik Qabil yaitu Iqlima sedangkan Qabil akan dinikahkan dengan adik Habil yaitu Lubuda.


Qabil yang merasa iqlima lebih cantik, juga karena iqlima lahir bersamanya, dengan tegas menolak keputusan Sang Ayah. Qabil tidak mau menikah dengan lubuda yang kurang menarik. ia merasa lebih pantas menikahi iqlima dibanding saudaranya, Habil. Nabi Adam pun merasa bingung dan meminta petunjuk kepada Allah dan Allah memerintahkan agar kedua anak beliau untruk melakukan qurban.


Dalam qurbannya, Qabil menyerahkan sayuran yang paling busuk, sedangkan Habil menyerahkan kambing yang paling sehat dan gemuk. Kedua qurban ini diletakkan di puncak sebuah bukit. Kejadian ini disaksikan oleh seluruh keluarga Adam as. Hingga akhirnya kobaran api besar melahap hewan qurban milik Habil hingga habis tak tersisa, sedangkan hasil cocok tanam Qabil tidak tersentuh sedikitpun oleh api.

Habil-lah yang menjadi pemenang dan dialah yang berhak memilih wanita yang hendak ia sanding menjadi istrinya, yaitu Iqlima.


Suatu ketika, Nabi Adam hendak melakukan perjalanan dan menyerahkan tanggung jawab keluarganya kepada Qabil. kesempatan ini tidak di sia-siakan oleh iblis yang memang selalu mengintai setiap saat untuk menyesatkan keturunan Nabi Adam. Iblis menghasut Qabil dan mengobarkan amrah kepada saudaranya karena Habil telah menikahi iqlima.


Qabil mengambil sebuah batu besar dan menghantamkan ke kepala adiknya dari belakang, hingga tersungkur dan akhirnya meninggal. Qabil kebingungan melihat Habil tersungkur dan tak bisa bangun lagi. Namun, akhirnya Allah mengutus 2 ekor gagak yang saling bertarung hingga salah satu diantara gagak itu mati. Gagak yang masih hidup lalu mengorek-ngorek tanah dan menguburkan bangkai gagak yang mati tadi..


Melihat hal tersebut, Qabil berkata "Alangkah bodoh dan lemahnya aku. kenapa tidak berbuat seperti burung gagak itu untuk menguburkan mayat saudaraku?" .. Akhirnya Qabil pun menggali tanah untuk menguburkan mayat saudaranya-Habil yang dia bunuh karena terbujuk rayuan iblis.


Inilah kisah pembunuhan pertama kali dalam sejarah keturunan Nabi Adam di muka bumi ini.

No comments:

Post a Comment